Berita Teknologi Bukan Kayu, Startup Ini Produksi Kertas dari Batu Kapur

Bukan Kayu, Startup Ini Produksi Kertas dari Batu Kapur

17
BERBAGI

JAKARTA – Papan batu merupakan salah satu alat tulis paling awal yang digunakan oleh manusia sebelum kertas. Seorang pengusaha Jepang kali ini berencana untuk merancang sesuatu di sekitanya dengan membuat kertas dari batu kapur.

Startup milik Nobuyoshi Yamasaki, TBM Co. membuat kertas dari batu kapur. Dia mengatakan ini merupakan jawaban atas kekhawatiran deforestasi dan kekurangan air, dengan permintaan kertas dunia yang akan berlipat ganda pada 2030.

BERITA REKOMENDASI

“Saya ingin mengakhiri hidup saya sebagai pengusaha dengan menciptakan sebuah perusahaan yang akan bertahan selama ratusan tahun,” kata Yamasaki, mantan sales mobil bekas yang memulai kariernya sebagai tukang kayu.

“Materi kami akan berperan aktif di banyak tempat karena dunia menghadapi pertumbuhan populasi dan kekurangan air,” kata Yamasaki dalam sebuah wawancara di kantor pusat TBM di Tokyo, Ginza.

Dijelaskan TBM, membuat 1 ton kertas biasa, membutuhkan 100 ton air, semetara kertas Limex dibuat tanpa air. Pada tempat dengan 20 pohon, perusahaan ini menggunakan kurang dari 1 ton batu kapur, serta 200 kg poliolefin.

Startup berusia lima tahun ini, belakangan mengumpulkan tambahan 1 miliar yen (USD9,1 juta) dari pendukungnya, dan bermaksud mendaftarkan sahamnya pada 2020. Demikian seperti dilansir Bloomberg, Senin (19/6/2017).

(kem) TAG : Startup Jepang Kertas Batu Kapur kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here