BAGIKAN

Cukup banyak distribusi GNU/Linux yang ditujukan untuk pengujian penetrasi (penetration testing) dan peretasan etis (ethical hacking) seperti Kali Linux, BackBox, Pentoo, dan yang lokal ada DracOs Linux. Oiya, ada juga Parrot (Parrot Security OS), distro berbasis Debian.

Parrot

Parrot merupakan distro yang dipelihara secara rutin, dan kali ini pengembang telah meluncurkan Parrot 3.6 sebagai rilis termutakhir untuk Anda, para pengguna loyalnya.

Meski begitu, tak ada fitur maupun fungsionalitas baru yang diperkenalkan di sini. Parrot 3.6 justru fokus pada peningkatan performa dan pengurangan konsumsi memori dengan cara memperbaiki beberapa komponen platform build dan paket, serta mengolah sistem manajemen startup daemon.

Parrot 3.6 pun meningkatkan fitur Anonsurf, “dan sekarang lingkungan yang didedikasikan untuk anonimitas dan privasi ini sangat handal dan teruji dengan baik, dan preseden buruk pada anonsurf sudah menjadi masa lalu,” kata pengembang.

Buat para pengguna, sekarang Anda akan terkoneksi secara otomatis ke server cermin terdekat dari lokasi Anda. Fitur ini memanfaatkan mirror detector.

Setelah kehadiran Parrot 3.6 ini, pengembang akan mulai fokus dengan varian Lite dan Studio. Parrot Lite merupakan varian yang menggunakan desktop ringan dan membawa perkakas yang lebih sedikit. Menurut pengembang, varian ini hanya akan mengonsumsi memori kurang dari 200MB. Sedangkan Parrot Studio adalah varian yang dapat dipakai sebagai sistem operasi sehari-hari (workstation).

Varian baru Parrot AIR dan Parrot untuk ARM

Bersamaan dengan ini, Parrot juga meluncurkan varian baru Parrot AIR. Ini merupakan varian yang hanya membawa perkakas untuk pengujian koneksi nirkabel (wireless) dan ditujukan untuk papan AIRBUD. Untuk saat ini, Parrot AIR masih berupa PoC, walau pengembang menjamin ia bisa dipakai secara normal layaknya varian lain.

Saat ini, pengembang juga disibukkan dengan Parrot untuk platform ARM. Beberapa pekan lagi mereka akan merilis Parrot untuk Raspberry Pi dan Pine64, dan juga merilis dukungan untuk PineBook.

Tinggalkan Balasan