Life Style Internet Ponsel Kamu Mendadak Kekurangan Storage? Mungkin 10 Aplikasi Ini Penyababnya

Ponsel Kamu Mendadak Kekurangan Storage? Mungkin 10 Aplikasi Ini Penyababnya

21
BERBAGI

Genmuda – Ngerasa kan kalo dalam empat tahun terakhir tuh storage ponsel kamu berkurang terus. Bahkan, ponsel yang rutin dihapus filenya secara berkala masih merengek bilang kapasitasnya kepenuhan.

Kalo kejadian itu menimpa kamu, bisa jadi bukan kamu yang kebanyakan download data dan install file. Kemungkinan besar sih kamu jadi korban 10 aplikasi populer yang secara rutin nambahin size aplikasi mereka tiap kali diupdate.

Eits, jangan langsung nyalahin developer atau nuduh mereka nipu. Penambahan ukuran itu dibutuhin karena aplikasinya ditambahin fitur baru. Kalau gak percaya, coba deh kamu cek 10 aplikasi di bawah ini.

1. Netflix

(Sumber: Istimewa)

Ukuran aplikasi pemutar film berbayar ini meningkat hingga 11 kali lipat sejak tahun 2013. Sekarang, aplikasinya aja berukuran sekitar 1,8GB. Itu dalam kondisi baru install di iPhone, loh. Belum ketika digunakan. Sepanjang perjalanan, ukurannya bakal membesar, terutama ketika ditambahin fiturnya.

2. Instagram

via nbcnews.com
(Sumber: nbcnews.com)

Coba hapus Instagram dan install lagi, deh. Pasti kamu bakal kaget menyadari kalo ukurannya mendadak meningkat drastis. Data dari lembaga penelitian SensorTower bilang kalo ukuran IG tahun ini tuh 9 kali lebih besar dari pada tahun 2013. Di iPhone, ukuran aplikasi IG kosong tuh sekitar 1,7 GB.

3. YouTube

via Youtube
(Sumber: YouTube.com)

Sementara itu, aplikasi YouTube udah berkembang hingga 12 kali lipat sejak 2013 loh, gaes. Gak sadar kan? Dulu, aplikasinya masih berukuran ratusan MB. Sekarang, udah jadi gendats dan menghabiskan sekitar 1,6 GB. Ukurannya jelas makin besar kalo kamu menyimpan video offline.

4. Google Maps

via searchengineland.com
(Sumber: searchengineland.com)

Aplikasi peta Google Maps pun seolah gak mau kalah saing. Aplikasinya berkembang 10 kali lipat hingga sekarang jadi berukuran sekitar 1,5 GB. Itu belum ditambah peta offline yang bisa disimpan di ponsel.

5. Messenger

via techspective.net
(Sumber: techspective.net)

Waktu namanya masih Facebook Messenger, aplikasi ini tergolong hemat storage karena cuma beberapa ratus MB aja. Setelah update besar-besaran, ukurannya bertambah drastis jadi 1,3 GB. Alias, meningkat 6 kali lipat dari tahun 2013.

6. Spotify

via newsweek.com
(Sumber: newsweek.com)

Aplikasi streaming musik ini juga gak kira-kira kalau mengupdate. Ukurannya yang di tahun 2013 sekitar 200 MB mendadak berubah jadi 1,2 GB pada iPhone. Meningkatnya sekitar 6 kali lipat loh, gaes.

7. Snapchat

via snapchat.com
(Sumber: Snapchat.com)

Ukuran aplikasi yang pertama kali mengenalkan fitur story pada medsos ini melonjak sekitar akhir 2016. Ketika iPhone ngeluncurin iOS 10, aplikasinya nambahin fitur dan ukurannya jadi makin besar. Kata datanya, kini ukuran Snapchat jadi sekitar 1,1 GB. Dengan kata lain, berkembang 51 kali lipat sejak tahun 2013. Gila banget.

8. Gmail

via pcmag.com
(Sumber: PCMag.com)

Gmail yang notabene jadi pembuka email bawaan di banyak ponsel berkembang hingga 20 kali lipat sejak 2013. Sekarang, total ukurannya tuh sekitar 900GB di iPhone, belum termasuk perintilan yang didownload sepanjang penggunaan.

9. Uber

via theurbantwist.com
(Sumber: theurbantwist.com)

Meski tarif angkutannya terbilang kecil, ukuran aplikasinya bisa terbilang besar. Yaitu, sekitar 700 MB di iPhone. Berdasarkan datanya, ukuran aplikasi Uber meningkat sekitar 22 kali lipat sejak tahun 2013.

10. Facebook

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Medsos yang ternyata masih sering digunakan ini pun ukurannya meningkat cukup drastis. Yaitu, sekitar 12 kali lipat. Sekarang ini, ukuran aplikasi Facebook di iPhone tuh hingga 400-500MB.

Data-data diambil dari hasil penelitian Sensor Tower, 15 Juni 2017, terhadap ukuran berbagai aplikasi populer di iPhone. Gak tertutup kemungkinan ukuran aplikasinya di android pun berkembang seperti itu juga kayak mie instan kelamaan direbus. (sds)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here