BAGIKAN

Jakarta, Selular.ID – Coolpad hadirkan smartphone spesifikasi sekelas flagship dengan harga yang terjangkau. Dibanderol harga Rp 3,2, Coolpad Cool Dual unggulkan dual kamera dan spesifikasi yang tinggi. Berkolaborasi dengan vendor Tiongkok ternama, LeEco. Bagaimana kemampuannya? Berikut adalah reviewnya.

Desain

Dibagian depan selain layar 5,5 inci, Cool Dual menyematkan kamera depan tanpa tambahan lampu LED. Pada bagian atas perangkat terdapat port audio 3.5mm dan port infrared. Pada bagian bawahnya, Cool Dual hadir dengan 3 tombol kapasitif dengan dukungan LED illuminasi yang memudahkan dalam melakukan navigasi. Dibagian bawah, Cool Dual menanamkan port USB Type-C yang berada ditengah-tengah lubang speaker di kedua sisinya. Di sebelah sisi kiri perangkat tertanam dual slot SIM card tanpa dukungan slot kartu microSD. Pada sisi kanan Coolpad menanamkan tombol volume plus tombol power dibawahnya.

Pada bagian belakang perangkat, Coolpad Cool Dual menanamkan dual-kamera sebagai nilai jual utamanya. Dua kamera belakang yang tertanam ditemani dengan lampu flash LED dual-tone untuk memberikan dukungan pencahayaan saat melakukan pengambilan gambar. Pada bagian ini juga Coolpad membenamkan fingerprint yang tertanam hanya memberikan akses untuk keamanan saja.

Coolpad Cool Dual hadir dengan balutan unibody dengan material allumunium di hampir seluruh bagian bodynya. Mengusung desain body yang membulat di setiap sudutnya membuat perangkat ini cukup nyaman digunakan. Smartphone ini punya bobot yang cukup berat ini membuatnya nampak kokoh dan tidak terkesan ringkih. Secara keseluruhan perangkat ini masih digunakan dengan nyaman meski dilakukan dalam waktu yang cukup lama. Absennya slot kartu microSD membuat pengguna harus puas dengan kapasitas memory internal yang tersedia.

Layar

Perangkat smartphone kolaborasi Coolpad dengan LeEco ini ini hadir dengan layar berukuran 5.5 inci dengan resolusi sebesar full HD 1080p. tampilannya mampu menghadirkan kualitas layar yang tajam dengan sudut pandang yang cukup luas.

Berjalan diatas Android 6.0.1 Marshmallow, Cool Dual masih menggunakan tampilan antarmuka yang lain dari produk Coolpad lainnya. Coolpad menggunakan antarmuka khas ponsel pintar besutan LeEco, yakni EUI 5.8. Ini membuat tampilan Cool Dual lebih menarik.

Interface

Interface ini memudahkan pengguna untuk mengkustom tampilannya sesuai dengan keinginan pengguna. Interface ini tidak membenamkan app drawer, karena semua aplikasi sudah terpampang pada homescreen. Yang menarik adalah ada fitur “trash” yang memberikan waktu hingga 30 hari untuk semua file yang telah dihapus sebelumnya. Dengan fitur ini, memungkinkan pengguna untuk mengembalikan file-file yang telah dihapus untuk dikembalikan.

Kamera

Fitur kamera adalah fitur unggulan dari Cool Dual. Smartphone ini telah memaksimalkan kualitas gambar pada kamera keduanya sehingga kualitasnya bisa dibandingkan dengan kamera SLR. Dibekali dengan dua kamera dibelakang membuat smartphone ini memiliki kualitas kamera yang mumpuni.

Didalamnya tersedia PDAF (phase detection auto focus) sehingga dapat melakukan pengambilan gambar dengan kecepatan autofokus yang mumpuni. Penggunaan dua kamera, smartphone mampu menghasilkan bukaan lensa untuk mendapatkan kedalaman efek variabel (depth of field). Efek ini mampu menghasilkan gambar dengan efek bokeh dengan kualitas yang alami. Tidak hanya itu, kedua kamera yang tertanam pada perangkat ini mampu menghadirkan hasil kamera tanpa balutan warna alias monochrome.

Baca Juga: Panduan Belanja Awal Ramadan, Parade Para Juara Bag 1

kamera

Pengambilan gambar pada kondisi cahaya terang mampu menghasilkan gambar yang tajam, detail dengan pewarnaan yang kaya. Sedangkan pada kondisi pencahayaan yang kurang terang, meski masih ditemukan noise, namun masih terbilang bagus.

Kerennya lagi saat mengunakan kamera belakang, pengguna mampu merekam video beresolusi 4K. Masuk kebagian kamera depan, meski dibekali dengan kamera depan beresolusi 8 megapiksel, kualitas foto yang dihasilkan terbilang biasa saja. Selain itu, dengan absennya lampu flash membuat pengguna harus melakukan aksi selfie dengan kondisi cahaya yang berlimpah jika ingin menghasilkan foto selfie dengan kualitas gambar yang baik.

Kinerja

Coolpad Cool Dual tampil dengan spesifikasi yang cukup mumpuni. Dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 652, Coolpad juga mengkombinasikannya dengan RAM sebesar 3GB dan kapasitas memory internal sebesar 32GB.

Jika dilihat dari prosesor yang dimilikinya, Coolpad Cool Dual sudah disejajarkan dengan Asus Zenfone 3, Samsung Galaxy A9 Pro dan LG G5 SE yang notebene memiliki harga yang lebih mahal. Oleh karenanya Selular menganugerahkannya sebagai Best Valuable Smartphone.

xender

Pada proses pengujiannya, smartphone ini mampu menghasilkan skor 76 ribu-an dengan aplikasi benchmark. Dengan skor ini maka Cool Dual mampu digunakan untuk bermain game HD, atau menangani proses multitasking. Dengan skor ini tidak jauh berbeda dengan smartphone dengan harga yang jauh diatasnya.

Saat digunakan dengan memainkan game berkualitas HD seperti Sniper Fury, Coolpad Dcool Dual mampu memainkan game ini dengan baik. Sedangkan untuk daya tahan baterai berkapasitas 4060 mAh. smartphone ini mampu bertahan seharian dengan penggunaan standart bermain game, browing serta streaming dengan menggunakan jaringan internet berbasis operator.

Coolpad Cool Dual juga menghadirkan koneksi infrared yang mampu berfungsi sebagai remote untuk berbagai perangkat elektronik. Hadirnya fitur ini dapat membantu pengguna dalam menikmati konten multimedia dengan menggunakan perangkat elektronik seperti tv, dvd, dan yang lainnya. Selain infrared, perangkat ini juga dibekali dengan konektivitas yang cukup lengkap seperti fungsional dual-SIM, akses jaringan 4G LTE, WiFi, Bluetooth dan yang lainnya.

BRIEF SPEC:
DESIGN : BAR FULLY TOUCH SCREEN
DIMENSION : 152 x 74.8 x 8.2 mm
WEIGHT : 167 gram
FREQUENCY : 850/900/1800/1900, 3G/HSDPA, 4G/LTE
PROSESOR : Octacore – Snapdragon 652
5.5 INCI LCD IPS, 32GB, RAM 3GB, EXTERNAL MEMORY, WI-FI, SOCMED APP, ETC
BATTERY : 4060 MAH

URL: http://selular.id/MaS3dR

Tinggalkan Balasan