BAGIKAN

Beberapa hari yang lalu, Kabar Linux menyampaikan bahwa distro Parrot mempertimbangkan untuk beralih ke Devuan. Saat itu, kabar tersebut hanya berasal dari cuitan yang dilakukan oleh akun Twitter @ParrotSec.

Kemarin pengembang resmi menuliskan pengumuman melalui blog Parrot bahwa mereka memastikan untuk beralih ke Devuan. Devuan adalah distro berbasis Debian, tetapi tanpa systemd. “Tanpa systemd” lah alasan utama pengembang memilih Devuan.

Dalam tulisan tersebut, pengembang menegaskan, “kami mempertimbangkan systemd sebagai sistem init yang belum matang yang mampu bekerja secara sempurna di hampir semua use case desktop. Tetapi kami juga percaya bahwa pendekatannya merusak bagian dari filosofi Unix yang menjadikan GNU/Linux sebagai sistem paling stabil dan handal di luar sana.”

Di samping itu, pengembang juga menambahkan beberapa meme-meme ejekan terhadap systemd serta menyampaikan bahwa untuk saat ini Parrot belum benar-benar beralih ke Devuan, namun pengujian paket-paket Parrot di atas Devuan terus dilakukan. Mungkin saja Parrot berbasis Devuan baru akan hadir di versi 4.0, tapi itu belum pasti.

Di saat ia sudah beralih ke Devuan, ada kemungkinan Parrot menggunakan OpenRC sebagai sistem init-nya.

Tinggalkan Balasan