Berita Teknologi Sejarah Grand Theft Auto, Game Fenomenal dan Kontroversial

Sejarah Grand Theft Auto, Game Fenomenal dan Kontroversial

BERBAGI

Jakarta – Tak dapat dipungkiri kalau serial game Grand Theft Auto (GTA) itu fenomenal. Sejak keluar seri pertamanya pada tahun 1997 untuk konsol PlayStation, GTA selalu laris dan selain itu, juga selalu menuai kontroversi.
Sebut saja seri GTA V, pernah dihentikan penjualannya di Australia karena dianggap mengandung konten kekerasan pada wanita. Menengok ke belakang, siapa sebenarnya sosok yang punya ide menciptakan game penuh aksi tersebut?
GTA rupanya digagas keroyokan oleh beberapa orang, yakni David Jones, Dan Houser, Sam Houser, Mike Dailly, Leslie Benzies, dan Aaron Garbut. Mari sedikit berkenalan dengan salah satunya, David Jones yang berasal dari Skotlandia.
Jones adalah pendiri DMA Design, perusahaan developer game yang didirikan pada tahun 1988. David memang sudah hobi main game sejak kecilnya. Berkat kerja keras Jones dan ide kreatifnya, DMA sukses membuat beberapa game dan mulai mempekerjakan orang.
Sukses besar pertama DMA Design adalah game bernama Lemmings. Penjualannya dalam dua tahun tembus angka 1,5 juta poundsterling, jumlah besar kala itu. Jones pun kaya raya dan mampu membeli Ferrari idamannya sejak dulu.
Salah satu programmer berbakat yang turut menggagas Lemmings adalah Mike Dailly. Tak puas cuma sampai di situ, Dailly ini terus mencari ide untuk game baru.

Sejarah Grand Theft Auto, Game Fenomenal dan KontroversialFoto: Reuters

Ia lalu membayangkan menciptakan game virtual tiga dimensi (3D) dengan lingkungan kota yang luas. Teknologi sudah memungkinkan membuat game semacam itu.
"Awalnya memang adalah teknologinya. Ketika kami bisa membuat pemandangan sebuah kota, bisa memperbesar atau memperkecilnya, kami mulai berpikir apa yang bisa kami lakukan dengan teknologi itu. Pada dasarnya, kami cuma ingin peta yang besar dan arena bermain yang luas dan bebas," ucap Jones.
Dailly, Jones dan beberapa rekan pun mendiskusikannya. Awalnya, mereka ingin memenuhi kota itu dengan kelompok geng yang saling bertarung. Tapi kemudian terbersit ide untuk fokus saja membuat sebuah kota nyata dan hidup, yang bisa ditelusuri oleh para pemainnya.
Tim tersebut sebenarnya sudah lama punya gagasan membuat game balap. Jadilah mobil menjadi elemen penting dalam game tersebut. Dan tokoh dalam game diputuskan bukan orang baik-baik melainkan penjahat. Mereka sepakat menamainya dengan Grand Theft Auto atau disingkat GTA.
Begitulah, GTA pertama itu rilis pada tahun 1997 dan langsung menjadi best seller di Inggris. Seri seri selanjutnya semakin mengukuhkan GTA sebagai salah satu franchise game paling sukses sepanjang masa.
David Jones sendiri sampai sekarang masih berkecimpung di dunia game. Meskipun memang pria bwrusia 51 tahun ini sudah bekerja di tempat lain dan tidak lagi terlalu terlibat dalam pengembangan seri-seri terbaru Grand Theft Auto. (fyk/rou)Baca di Detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here