Default Smartphone Pixel Bakal Disemati Prosesor Buatan Google Sendiri?

Smartphone Pixel Bakal Disemati Prosesor Buatan Google Sendiri?

25
BERBAGI

Smartphone Pixel Bakal Disemati Prosesor Buatan Google Sendiri?

Google Kembangkan Prosesor untuk Pixel? – Google saat ini kabarnya sedang mematangkan rencana terkait dengan pengembangan desain prosesor yang akan digunakan pada lini produk Pixel paling baru miliknya. Selama ini, gadget Android buatan Google khususnya smartphone Pixel dibekali dengan prosesor mobile hasil racikan Qualcomm, yakni Snapdragon.

Rencana Google untuk menggunakan prosesor sendiri pada perangkat-perangkat buatannya di masa yang akan datang mulai tercium ketika pihaknya mulai memutuskan untuk merekrut seorang mantan pegawai Apple yang sejauh ini diketahui sebagai seseorang yang berpengalaman dalam mendesain prosesor. Hal ini pun sontak menimbulkan spekulasi di banyak pihak bahwa keputusan Google itu merupakan langkah awal perusahaan untuk menciptakan prosesor sendiri.

Mantan pegawai Apple yang direkrut oleh Google tersebut bernama Manu Gulati. Kini dirinya menempati posisi sebagai Lead System on Chip Architect milik Google.

Gulati sendiri telah memiliki begitu banyak pengalaman yang berkaitan dengan dunia prosesor. Hal ini tercermin dari karir yang selama ini digelutinya hingga dirinya direkrut untuk bergabung dengan perusahaan Google.

Tak hanya pernah berkiprah di Apple saja, sebelumnya Gulati juga pernah bekerja di dua perusahaan besar lain, yakni AMD dan Broadcom. Keduanya dikenal sebagai perusahaan prosesor besar yang ada di Amerika Serikat. Sehingga hal ini semakin memperkuat dugaan akan segera munculnya prosesor buatan Google sendiri.

Setelah bekerja di AMD dan Broadcom, dirinya kemudian melebarkan sayap lagi dengan bekerja sebagai tim pengembangan desain prosesor Apple selama kurang lebih 8 tahun sebelum pada akhirnya direkrut oleh pihak Google. Ketika berkiprah bersama Apple, Gulati membantu pembuatan desain untuk sejumlah chip yang dibekalkan pada iPhone, iPad, dan Apple TV.

Sementara itu setelah direktur Google, peran Gulati hingga saat ini masih belum jelas. Google kemungkinan besar akan meminta bantuan kepadanya untuk membuat desain prosesor yang akan disematkan pada Pixel, Chromebook, Android TV atau Android Wear.

Tak hanya merekrut Gulati saja, Google juga dikabarkan tengah mencari desainer chip lain untuk memperkuat anggota timnya.

Baca di begawei.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here