Gadget DIY Virtual Reality Merambah Perpustakaan di Amerika

Virtual Reality Merambah Perpustakaan di Amerika

BERBAGI

Virtual Reality Merambah Perpustakaan di Amerika

Dewasa ini teknologi virtual reality semakin dimanfaatkan hampir disetiap aspek kehidupan. Tak terkecuali yang baru – baru ini terjadi di Amerika yaitu Perpustakaan.

virtual reality merambah perpustakaan
Salah Satu Contoh Perpustakaan Modern

Kalau kita flashback kebelakang, jauh sebelum era komputer dan internet menjamur seperti saat ini, perpustakaan bisa dibilang adalah “Jendela Dunia”. Karena hampir semua ilmu pengetahuan serta informasi ter-update tentang berbagai hal ada di Perpustakaan.

Mimin jadi ingat masa – masa kita pinjam buku di perpustakaan lalu kena denda karena terlambat mengembalikan hehe

Setiap kita butuh suatu buku pasti kita lari ke perpustakaan yang ada di kota kita. Sebagai informasi tambahan saja ya, di Indonesia sendiri perpustakaan sudah ada ketika zaman kerajaan lho?

perpustakaan adalah

jendela dunia

Nah, zaman sekarang yang penuh dengan globalisasi serta teknologi peran perpustakaan ini semacam hampir digantikan oleh pesatnya kemajuan teknologi. Jadi, apabila kita ingin mencari sebuah informasi atau pengetahuan zaman saat ini pasti lebih memilih mencari lewat internet ( karena sekarang ini hampir semua informasi ada di internet ).

Baca juga :

Virtual Reality Merambah Perpustakaan

Situasi inilah yang tampaknya dimanfaatkan oleh Oculus ( yang sudah diakuisis oleh Facebook ) dalam menarik kembali minat orang – orang untuk datang ke perpustakaan. Terbukti dengan baru saja Oculus merilis peluncuran pilot project untuk program edukasi/pembelajaran dengan cara menyediakan 100 perangkat virtual reality beserta kacamata VR ( Oculus Rift tentunya ) di hampir 90 perpustakaan yang tersebar di California, Amerika Serikat secara cuma – cuma.

Mimin kutip dari Wareable, Jumat (9/6/2017) nanti diharapkan pengunjung perpustakaan bisa merasakan sendiri bagaimana pengalaman masuk dalam dunia virtual reality ( pastinya berhubungan dengan dunia pendidikan/edukasi ). Oculus pun juga menyediakan 24 konten VR untuk dinikmati oleh pengunjung. Konten – konten yang disediakan tersebut antara lain Google Earth VR, Mars Odyssey, hingga BBC Production Cat Flight.

Cindy Ball ( Education Program Manager ) dari Oculus mengatakan bahwa tujuan utama dari penyediaan Oculus Rift secara gratis di perpustakaan ini adalah agar pengunjung dapat merasakan sendiri sensasi bertualang menggunakan VR.

Ball menambahkan ” lingkungan perpustakaan publik yang nyaman dan dapat dikunjungi oleh setiap orang cocok untuk Oculus Rift menghadirkan sebuah teknologi baru ( yaitu VR ) untuk dipelajari serta menjadi edukasi bagi mereka yang sebelumnya tak semua orang mampu memilikinya.

Lalu seperti apa ya Virtual Reality Merambah Perpustakaan di Amerika??
Simak video berikut ini

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=PVPeuW9DgcA?feature=oembed&w=640&h=360]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here