Berita Teknologi Waduh, Ratusan Aplikasi Android di Play Store Terjangkit Malware!

Waduh, Ratusan Aplikasi Android di Play Store Terjangkit Malware!

BERBAGI

Waduh, Ratusan Aplikasi Android di Play Store Terjangkit Malware!

oketekno.com – Bagi para pengguna smartphone dengan platform Android nampaknya perlu waspada, baru baru ini teradapt sebuah laporan jika lebih dari 800 aplikasi android gratis yang ada di Google Playstore telah terjangkit virus atau malware bernama Xavier.

Dikutip dari laman Phone arena, malware ini dianggap cukup berbahaya karena mereka bisa mengumpulkan informasi data dari penggunannya. Aplikasi ini sudah banyak terinstall di banyak aplikasi diantaranya wallpaper serta Aplikasi edit foto. Dan yang lebih mengejutkan, dimana aplikasi android gratisan yang tengah terinjeksi malware xavier ini telah diunduh hingga jutaan kali.

Awalnya Malware Xavier ini adalah penambang iklan saja, dimana bagi pengembang akan mendapatkan pendapatan dari iklan tersebut. Namun 2 tahun berlalu malware xavier ini telah berkembang dan sangat membahayakan bagi para pengguna ponsel android nanti.

Ahli kemanan dari Trend Micro mengatakan, jika Malware Xavier ini sangat pandai dalam menghindari pemindaian virus, sehingga ia begitu bebas untuk masuk kedalam sistem nantinya.

Copyright ©playstore

Saat menyusup kedalam aplikasi android ini, ada beberapa jenis data yang bisa dicuri oleh Xavier tersebut, seperti Jenis perangkat, surel, model, lokasi, operator SIM card, pabrik, hingga OS yang digunakan oleh ponsel tersebut.

Dan yang lebih mengejutkan lagi, dimana telah dilaporkan jika malware Xavier ini ternyata sudah menyebar di beberapa negara kawasan Asia Tenggara, Seperti Filipina, Vietnam dan juga Indonesia. Sementara untuk negara lain seperti Inggris dan juga Amerika Serikat dikabarkan juga telah terjangkit malware Xavier ini untuk aplikasi android mereka.

Sebenarnya untuk tren malware yang telah ditanamkan didalam aplikasi android gratisan ini semakin meningkat, seperti sepanjang 2017 ini telah ada 2 kali laporan, yakni pada Maret 2017 ada 100 aplikasi lebih di Play Store terinfeksi malware, lalu pada bulan Mei ada sekitar 36 juta perangkat android terinfeksi Malware bernama Judy.

Untuk menghindari hal ini sebaiknya pengguna smartphone yang ingin download aplikasi android gratis, ambil sumber dari developer terpercaya serta selalu baca review sebelum memasangnya.

Baca juga: Tips Mudah Mengecek File Aplikasi Android Bebas Virus

Baca di oketekno.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here